Presented by Redjkibersama.blogspot.com - Silahkan download sepuasnya, dijamin gratis..tis..tis... !

Thursday, May 17, 2012

Maksimalkan Presentasi Power Point Anda!

Di  Ms. Office Power Point 2007, setidaknya terdapat empat macam variasi animasi (custom animation), yakni Entrance, Emphasis, Exit dan Motion Path.
1.    Entrance : efek animasi ketika objek muncul (masuk)
2.    Emphasis : efek animasi ketika objek dijalankan
3.    Exit : efek animasi ketika suatu objek menghilang (keluar)
4.   Motion Path : memberikan efek animasi sesuai dengan rute gerakan yang  diinginkan
Nah, keempat macam animasi tersebut dapat kita formulasikan untuk membuat contoh-contoh animasi seperti berikut :
1.    Trigering,
Efek animasi yang akan bereaksi ketika suatu objek lain di picu, fitur ini dapat kita gunakan misalnya untuk membuat suatu tombol, yang akan menjalankan animasi dari objek yang lain. Dengan memanfaatkan Trigger, yang ada di Effect Option. Kita dapat dengan mudah membuatnya.
2.    Rolling Ball
Efek animasi yang membuat seolah – olah objek lingkaran dapat menggelinding seperti bola yang ditendang. Animasi ini memanfaatkan fitur animasi Motion Path dan Emphasis dengan jenis Spin (memutar)
3.    Car Racing
Animasi ini menunjukkan bagaimana suatu objek mobil bergerak saling mendahului, dengan memanfaatkan fitur Emphasis dengan jenis Fly-in dengan sedikit pengaturan Timing, kita dapat membuaatnya dengan mudah.
4.    Falling Leaf
Pernah melihat Daun yang jatuh?.. nah animasi ini menunjukkan bagaimana efek daun yang jatuh. Dengan memanfaatkan fitur animasi Motion Path, Emphasis (Spin) dan Emphasis (swivel).
5.    Hidden Pivot
Efek animasi ini mencoba membuat sebuah objek yang berputar layaknya kipas Angin. Kita dapat memanfaatkan fitur animasi Emphasis (spin) dengan Timing untuk mengatur tempo putaran.
6.    Exploding
Membuat sebuah objek seolah-olah meledak, dengan menggunakan fitur Motion Path, Emphasis (Dissolve out) dan Exit (Zoom).
7.    Scrolling Ticker
Seperti yang biasa kita lihat di Televisi, sebuah tulisan dibawah layar yang bergerak dari kiri ke kanan secara perlahan. Animasi ini dapat kita buat dengan menggunakan efek Emphasis Crawl in, dengan pengaturan Timing yang dapat kita sesuaikan untuk menentukan tempo pergerakannya.
8.    CountDown
Hemm.. kalau ini pasti sudah tahu ya, jadi bagaimana membuat semacam efek perhitungan mundur. Efek animasi sering kita jumpai di televisi atau film2 jaman dulu ketika suatu acara atau film dimainkan. Kita dapat memanfaatkan fitur Emphasis (Wheel dan Fade). Dan tentunya dengan Timing untuk pengaturan temponya.
Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya?, di tulisan berikutnya saya akan memberikan tutorial dan contoh membuat animasi2 diatas. Download Contoh presentasi .. 

No comments:

Daftar Isi